Cetak
Berita
Dilihat: 85

Usai berhasil menjaring 246 peserta didik baru melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), SMP Negeri 1 Mungkid kembali melanjutkan rangkaian kegiatan PPDB dengan mengundang para orang tua/wali calon peserta didik baru pada Selasa(26/3/2024). 

gor1.png

Orang tua/wali calon peserta didik baru memadati GOR SMP Negeri 1 Mungkid untuk mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi program sekolah, informasi teknis daftar ulang, serta perkenalan dengan struktur organisasi SMP Negeri 1 Mungkid.

Dalam sosialisasi ini, sekolah menjelaskan tentang program-program sekolah yang akan dilaksanakan setahun kedepan selama tahun ajaran 2024-2025. Acara yang diawali dengan sambutan hangat dari Kepala Sekolah, Bapak Muh Rohayat, S.Pd berhasil menarik perhatian serta menyajikan sejumlah informasi penting mengenai gambaran tentang kegiatan dan program belajar mengajar yang akan dijalankan di SMP Negeri 1 Mungkid.

gor2.png

Dalam sambutan Kepala Sekolah, Bapak Muh Rohayat, S.Pd, menegaskan pentingnya kerjasama antara sekolah, orang tua dan masyarakat (Tri Pusat Pendidikan) dalam mendukung pendidikan yang berkualitas. "Sosialisasi program sekolah ini merupakan wujud dari komitmen kami untuk memberikan pendidikan yang relevan bagi setiap siswa”. Dalam sambutannya, beliau menegaskan komitmen sekolah untuk memberikan pendidikan berkualitas dan memastikan bahwa proses pendaftaran hingga daftar ulang tidak dikenai biaya dan akan dibebankan melalui Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) 2024.

Acara dilanjutkan dengan paparan program kesiswaan yang disampaikan oleh Renggo Ayu Prahesti. Paparan tersebut mencakup aturan seragam sekolah, tata tertib sekolah, pembiasaan, dan kegiatan ekstrakurikuler. Di sini, dijelaskan kegiatan kesiswaan tidak hanya berfokus pada aspek akademis, namun juga memberikan ruang yang luas bagi siswa untuk berekspresi secara non-akademis. “Akan ada banyak kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang dapat diikuti oleh siswa dalam rangka mengembangkan potensi siswa” ujar Renggo.

Selain itu, orang tua juga diingatkan untuk tetap mendampingi proses belajar siswa, mengingat calon peserta didik baru masih memiliki kewajiban untuk menyelesaikan pendidikan dasar hingga mendapatkan ijazah SD, meskipun sudah dinyatakan diterima di SMP.

Acara sosialisasi program sekolah di SMP Negeri 1 Mungkid tidak hanya menjadi wadah untuk memberikan informasi, tetapi juga merupakan momentum untuk membangun kemitraan yang kuat antara sekolah, siswa, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung pendidikan yang inklusif dan berkualitas.
Dalam kegiatan ini juga didiskusikan terkait pengadaan seragam sekolah. Dijelaskan bahwa pengadaan seragam dapat dilakukan melalui Koperasi Karya Sejahtera, namun tidak bersifat wajib membeli melalui koperasi tersebut. Orang tua dapat mengadakan sendiri seragam sesuai dengan ketentuan tata tertib berseragam di sekolah.  

gor3.png

Dengan pemahaman yang baik dari orang tua calon peserta didik baru tentang peran mereka dalam mendukung pendidikan serta semangat kolaborasi dan komitmen bersama, dapat membentuk siswa yang berkarakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. (MAAW)