Dalam rangka menyongsong ujian sekolah yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 hingga 13 Mei 2024 mendatang, diadakan kegiatan Uji Coba Asesmen Sumatif Akhir Tahun Ke-2 (UCO ASA) mulai tanggal 25 Maret hingga 1 April untuk siswa kelas 9. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kesiapan siswa dalam menghadapi ujian sekolah dengan mengujikan semua mata pelajaran yang telah dipelajari selama tiga tahun pembelajaran di jenjang SMP.

uco1.png

Kegiatan uji coba pada hari pertama ini dilaporkan berjalan lancar dan tertib, siswa menunjukkan tingkat fokus yang tinggi terhadap kesiapan belajar mereka untuk memperbaiki capaian dari kegiatan serupa telah dilakukan sebelumnya. Dilaporkan bahwa UCO ASA Ke-1 sebelumnya telah dilaksanakan pada 19-24 Februari dengan hasil rata-rata nilai tertinggi dari perolehan nilai 11 mata pelajaran mencapai angka 88.91, sementara rata-rata pararelnya mencapai 64.77. Sebagai upaya perbaikan hasil UCO ASA ke-1 dan untuk memastikan bahwa siswa benar-benar siap menghadapi ujian sekolah mendatang, semua mata pelajaran dievaluasi secara menyeluruh dalam proses pembelajaran. Evaluasi lebih lanjut terhadap capaian materi yang masih rendah di setiap mata pelajaran dilakukan untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang masih kurang.

uco2.png

Diharapkan, dengan adanya kegiatan UCO ASA ke-2 ini dan upaya evaluasi yang dilakukan oleh sekolah, siswa dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi ujian sekolah mereka. Selain itu, hal ini juga menjadi kesempatan bagi sekolah untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa mencapai potensi belajar mereka secara maksimal. (DPS)